Marketing Dasar Yang Wajib Dipahami Bagi Pebisnis Online

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN TENGAH ARTIKEL DIBAWAH SINI
Marketing dasar bagi pebisnis online – Menjamurnya bisnis online ternyata membuat semua kalangan tertarik untuk ikut terjun langsung menjadi seorang pebisnis. Hal ini dirasa wajar saja karena cara untuk menjalankan bisnis ini terbilang mudah dan tidak dibutuhkan skill khusus untuk menjalankannya. Saat ini di Indonesia, bisnis online merupakan bisnis yang sangat digandrungi oleh berbagai pebisnis, termasuk juga para pelajar. Kebanyakan dari mereka merupakan pebisnis dari kelas pemula sampai kelas yang mahir. Untuk kalangan pebisnis pemula, rata-rata dari mereka dalam menjalankan bisnis ini hanya dijalankan begitu saja tanpa menggunakan teknik marketing yang benar.

Ketika seseorang ingin membuka bisnis online, tentu hal dasar yang harus mereka pelajari adalah mengenai teknik dan strategi yang benar. Memang kelihatannya bisnis ini sangat gampang untuk dilakukan, namun jika Anda tidak menggunakan atau mempelajari teknik marketing tentu hasil yang Anda dapat hanya berada dikisaran itu-itu saja. Jika Anda ingin menyeriusi bisnis ini maka Anda wajib mengetahui teknik dasar marketing yang benar, sehingga hasil yang Anda dapatkan bisa sampai jutaan rupiah perharinya.
Teknik dasar marketing merupakan tahapan awal sebelum Anda memulai bisnis yang sudah Anda tentukan. Ibarat membangun rumah, hal yang pertama harus ada adalah pondasi agar tetap bisa berdiri kokoh. Jika Anda ingin bisnis online yang Anda bangun bisa sukses dan lancar, maka pelajarilah teknik dasar marketing dibawah ini dengan benar dan teliti!

Riset Produk

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset produk. Riset produk ini meliputi Jumlah pencari produk dan Produk apa saja yang saat ini tengah Trend.Cara untuk mengetahui kedua hal tersebut kita bisa menggunakan aplikasi gratis dari google yang bernama Keyword Planner. Dengan menggunakan aplikasi keyword planner, nantinya Anda akan mengetahu perkembangan setiap produk perbulannya, sehingga Anda bisa menentukan produk apa yang laku pada bulan ini dan bulan berikutnya yang akan berakibat pada melonjaknya tingkat pemesanan pada bisnis online yang Anda geluti.
Alamat Google Keyword Planner https://adwords.google.com/KeywordPlanner


Riset Persaingan


Setelah Anda bisa menguasai riset produk dan menemukan produk yang tepat, hal selanjutnya yang harus Anda pahami adalah mengenai persaingan. Kita tahu yang mennjalankan bisnis online bukanlah kita saja, melainkan semua orang dari seluruh penjuru dunia. Oleh karen itu penting sekali bagi Anda untuk mengetahu riset persaingan global. Cara untuk mengetahui riset persaingan global, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini!

Hal pertama yang Anda lakukan adalah membuka https://www.google.co.id/
Setelah laman tersebut terbuka, cobalah cari produk yang sudah Anda tentukan tadi, misalnya produk yang Anda cari adalah “Pashmina”

Pencarian produk pashmina selesai, cobalah tambahkan kode &start=990 pada alamat URL tadi sehingga tampak seperti gambar dibawah ini.

Setelah melihat gambar diatas, cobalah Anda perhatikan pada kotak persegi panjang warna biru disitu tertera tulisan “Laman 17 dari sekitar 152 hasi”.Dari sini kita bisa mengetahui tingkat persaingan produk. Untuk mengetahui tingkat persaingan produk perhatikan indeks dibawah ini.

  • Kurang dari 100 = Ringan
  • 101 – 200       = Sedang
  • Diatas 20       = Susah

Jika kita sudah melihat indeks diatas maka dapat kita simpulkan bahwa produk pashmina berada pada tingkat 152, sehingga riset persaingannya bisa dikatakan sedang, dalam hal ini kita bisa menyimpulkan bahwa produk pashmina merupakan produk dengan tingkat sedang pada persaingan global.

Tempat Promosi

Setelah Anda memahami tentang Riset Produk dan Riset Persaingan, barulah Anda menentukan tempat promosi produk tersebut. Jika Anda saat ini tengah mendalami bisnis Online, maka temoat yang cocok untuk ajang promosi adalah pada social media. Penempatan tempat promosi haruslah tepat pada sasaran, jangan seperti ketika Anda menjual rokok tapi tempat promosi Anda ada di Kantor Kesehatan Paru-Paru tentu produk Rokok tersebut tidak akan laku. Berdasarkan Survey, tempat yang wajib dijadikan sebagai tempat promosi Online adalah sebagai berikut :


Dengan melihat data diatas, kini Anda bisa menentukan tempat dimana Anda akan melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan dengan iklan, grup online, video cuplikan iklan dan juga pesan ke semua member penghuni dunia maya tersebut.
Setelah Anda memahami teknik dasar marketing bisnis online, kini Anda sudah siap untuk membuka dan menjalani bisnis yang akan Anda kelola nantinya. Jadilah seorang pebisnis yang sukses dan bisa membuka lapangan pekerjaan demi mengurangi tingkat pengangguran yang secara tidak langsung bisa menurunkan tingkat kejahatan. Be a smart Businessman !

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN RELATED DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Marketing Dasar Yang Wajib Dipahami Bagi Pebisnis Online"

Posting Komentar